Kamis, 30 November 2017

internet sehat pada media sosial



Internet sehat pada media sosial

ahmad fali oklilas
 
LATAR BELAKANG
Allah berfirman,
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا إِن جَآءَكُمْ فَاسِقُُ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَن تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَى مَافَعَلْتُمْ نَادِمِينَ
“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu”. [Al Hujurat : 6].
Dalam ayat ini, Allah melarang hamba-hambanya yang beriman berjalan mengikut desas-desus. Allah menyuruh kaum mukminin memastikan kebenaran berita yang sampai kepada mereka. Tidak semua berita yang dicuplikkan itu benar, dan juga tidak semua berita yang terucapkan itu sesuai dengan fakta. (Ingatlah, pent.), musuh-musuh kalian senantiasa mencari kesempatan untuk menguasai kalian. Maka wajib atas kalian untuk selalu waspada, hingga kalian bisa mengetahui orang yang hendak menebarkan berita yang tidak benar.
Allah berfirman,
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا إِن جَآءَكُمْ فَاسِقُُ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا
“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti”
Maksudnya, janganlah kalian menerima (begitu saja) berita dari orang fasik, sampai kalian mengadakan pemeriksaan, penelitian dan mendapatkan bukti kebenaran berita itu.
(Dalam ayat ini) Allah memberitahukan, bahwa orang-orang fasik itu pada dasarnya (jika berbicara) dia dusta, akan tetapi kadang ia juga benar. Karenanya, berita yang disampaikan tidak boleh diterima dan juga tidak ditolak begitu saja, kecuali setelah diteliti. Jika benar sesuai dengan bukti, maka diterima dan jika tidak, maka ditolak.
Kemudian Allah menyebutkan illat (sebab) perintah untuk meneliti dan larangan untuk mengikuti berita-berita tersebut.
Allah berfirman.
أَن تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ
“Agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya”.
Kemudian nampak bagi kamu kesalahanmu dan kebersihan mereka.
فَتُصْبِحُوا عَلَى مَافَعَلْتُمْ نَادِمِينَ
“Yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu” [Al Hujurat : 6]
Terutama jika berita tersebut bisa menyebabkan punggungmu terkena cambuk. Misalnya, jika masalah yang kalian bicarakan bisa mengkibatkan hukum had, seperti qadzaf (menuduh) dan yang sejenisnya.
Sungguh, betapa semua kaum muslimin memerlukan ayat ini, untuk mereka baca, renungi, lalu beradab dengan adab yang ada padanya. Betapa banyak fitnah yang terjadi akibat berita bohong yang disebarkan orang fasiq yang jahat! Betapa banyak darah yang tertumpah, jiwa yang terbunuh, harta yang terampas, kehormatan yang terkoyakkan, akibat berita yang tidak benar!Berita yang dibuat oleh para musuh Islam dan musuh umat ini. Dengan berita itu, mereka hendak menghancurkan persatuan umat ini, mencabik-cabiknya dan mengobarkan api permusuhan diantara umat Islam.
Betapa banyak dua saudara berpisah disebabkan berita bohong! Betapa banyak suami-istri berpisah karena berita yang tidak benar! Betapa banyak kabilah-kabilah, dan kelompok-kelompok saling memerangi, karena terpicu berita bohong!
Allah Azza wa Jalla Yang Maha Lembut dan Maha Mengetahui, telah meletakkan satu kaidah bagi umat ini untuk memelihara mereka dari perpecahan, dan membentengi mereka dari pertikaian, juga untuk memelihara mereka dari api fitnah.

UUD 1945 Pasal 28F
Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.
Contoh – contoh media sosial yang top dan penemunya
Mark Zuckerberg
Mark Zuckerberg, mahasiswa universitas Harvard yang menemukan Facebook sebagai satu platform jaringan sosial bagi remaja di perguruan tinggi ketika dia baru berusia 19 tahun. Facebook kini merupakan situs web jaringan sosial terbesar kedua setelah MySpace. Facebook terus tumbuh hari demi hari, dengan jutaan pengguna baru yang terus mendaftar setiap bulan!
Steve Chen dan Chad Hurley
Para pencipta dari situs web “berbagi video online”, YouTube.. Mereka mendirikan YouTube pada 2005 ketika Chad berusia 28 tahun dan Steve 27 tahun YouTube kemudian diakuisisi oleh Google dengan nilai $1.65 milyar.
Trend ICT
1.       Infrastruktur
Teknologi Nirkabel
 Hotspot : Wifi
 Devices : Ipod, Iphone, notebook, androidphone
2. Aplikasi & Konten
  •   e-Services : e-commerce, e-govt, e-health, e-pajak, e-education
  •    Animasi , online game, Music, TV Mobile
   3. Jejaring Sosial
Facebook
Instagram
Line
Whatsapp
Youtube
Twitter
Path
Telegram
Messenger
4. Online shop
5. Social Network + E-commerce !
           Use of the user social network to sale product online
           Social shopping is the next generation of e-commerce
6. Jejaring Sosial (Media Sosial)
 Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukkan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga.
Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.
Layanan Jejaring Sosial
Banyak layanan jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain.
Umumnya jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya.
Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing didalamnya.
Media Sosial atau Jejaring Sosial, Pisau Bermata Dua
Jejaring sosial, sebuah istilah yang diperkenalkan oleh Profesor J.A Barnes di tahun 1954, kali ini kerap menjadi perbincangan dikarenakan dampaknya yang meluas:positif maupun negatif
Jaringan sosial dapat beroperasi di banyak tingkatan mulai dari individu, keluarga hingga negara. Menurut penelitian akademik
Jaringan ini memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah bagi seseorang maupun organisasi, bahkan derajat keberhasilan individu dalam mencapai tujuannya.
Dengan perkembangan teknologi, berbagai situs bermunculan, situs komunitas/jaringan sosial sebuah fenomena internet yang mewakili generasi muda.
Situs-situs ini awalnya sering digunakan untuk mencari jodoh. Namun pada perkembangannya digunakan untuk mencari teman.
Salah satu jenis situs seperti ini yang populer adalah di Indonesia Friendster (juga merupakan yang pertama) dan Myspace serta facebook. Saat ini sudah ada line, whatsapp, yaoutube, instagram, telegram dan lain-lain.
Munculnya jejaring sosial versi maya ini, mempengaruhi relasi manusia. Situs komunitas diatas di buat untuk memenuhi keinginan individu untuk berkomunikasi tanpa ada batasan waktu dan ruang. Tak jarang jejaring sosial kerap berpotensi mempengaruhi pola berpikir seseorang dan membentuk kepribadian individu.
Jejaring sosial maya yang semula digunakan sebatas menjalin ikatan diantara teman, sahabat dan keluarga, kini bermetamorfosa menjadi gerakan sosial baru.
Solidaritas kebersamaan pun terbangun seketika lewat situs jejaring ini ketika Jakarta diguncang bom, bencana (Sumatera Barat), sosial (cth koin cinta Bilqis, koin untuk Prita). Berbagai aksi simpati dan solidaritas ini pun cepat terjalin lewat jejaring sosial maya.
Tidak hanya itu, situs jejaring ini juga bisa menjadi media politik alternatif.
Hal ini terlihat dari dukungan aksi solidaritas terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Tidak hanya garang di wadah digital saja dengan dukungan kurang lebih 1 juta pengguna Facebook. Akan tetapi, jejaring maya ini pula tampil nyata dalam aksi di Bundaran HI.
Yang fenomenal terjadi di indonesia pada pilkada gubernur DKI Jakarta 2016 terjadinya kasus penistaan agama oleh gubernur Jakarta incubent saat itu Basuki Tjahya Purnama alias Ahok. Menistakan al-quran surat al-maidah 51. Maka puncaknya pada 2 desember 2016 berkumpul aksi besar besaran di monas yang dihadiri 7 juta orang pada saat yang dimana terjadi aksi damai yang awalnya digerakkan oleh media sosial. Aksi ini dikenal dengan gerakan nasional pembela fatwa MUI atau Aksi 212.
Kekuatan era digital ini menjelma menjadi kekuatan riil, dimana setiap individu memiliki kekuatan penuh untuk menyuarakan ide atau gagasannya sendiri.
Akan tetapi media ini juga kerap mengundang kontroversi.
Berkembangnya situs jejaring sosial sebagai tren komunikasi masyarakat modern, perlu disikapi dengan jernih. Khususnya bagi anak-anak, dikhawatirkan dapat terpengaruh negatif dengan arus informasi yang sangat bebas dalam situs jejaring sosial.
Banyak korban anak-anak khususnya perempuan yang hilang akibat kenalan di facebook.
Selain itu pula media situs jejaring ini juga tidak bebas murni. Karena banyak kasus yang berkaitan dengan pernyataan pribadi yang kerap dianggap mengundang SARA.
Selain itu juga banyak perusahaan yang menganggap situs jejaring sosial sebagai momok. Beberapa perusahaan berusaha memblokir situs jejaring, karena mempengaruhi produktifitas kerja para karyawan.
Kita tidak bisa menyalahkan teknologi, karena seiring berkembangnya zaman pasti memiliki risiko yang harus dikenali.
Baik buruknya situs jejaring tergantung dari kearifan dari pengguna untuk menggunakannya secara positif.
Layanan jejaring sosial yang populer di Indonesia dan memilki jumlah pengguna yang lumayan banyak, antara lain:
1.       Facebook
Ò  Facebook juga mirip dengan friendster dan myspace, yang membedakannya dan membuatnya lebih menarik adalah aplikasi-aplikasi yang disediakan oleh facebook dan aplikasi-aplikasi yang dapat dibuat sendiri.
Ò  Lewat aplikasi itu kita bisa lebih akrab dengan teman-teman kita. Karena bisa digunakan untuk sarana berinteraksi. Selain itu ada fitur chat yang sangat mudah digunakan.
2.       Blog
Merupakan singkatan dari "web log"
adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum.
Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian.
Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan.
Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis.
Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.
Komunitas Blogger
Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya.
Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat.
Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu.
Jenis-jenis blog, a.l.:
Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
Dsb.
Resiko kejahatan
Karena blog sering digunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun merefleksikan pandangan-pandangan penulisnya tentang berbagai macam topik yang terjadi dan untuk berbagi informasi - blog menjadi sumber informasi bagi para hacker, pencuri identitas, mata-mata, dan lain sebagainya.
Banyak berkas-berkas rahasia dan penulisan isu sensitif ditemukan dalam blog-blog. Hal ini berakibat dipecatnya seseorang dari pekerjaannya, diblokir aksesnya, didenda, dan bahkan ditangkap.
Percakapan di Internet (Chatting)
Percakapan di Internet (Inggris: Internet chat atau online chat) mengacu kepada segala bentuk komunikasi menggunakan Internet, tetapi secara spesifik mengacu kepada percakapan berbasis teks antara dua/lebih orang pengguna Internet.
Contoh online chatting:
Whatsapp, line, instagram, facebook (messeger), telegram.
Dampak negatif internet
Internet (cyberspace, hypermedia, new technology) (Wright and Wisok 2005)
  1. Hilangnya differensiasi sosial
  2. Sulitnya pengawasan
  3. Tidak ada monopoli jaringan
Terlalu Banyak MEDIA menjadi:
Akibatnya
Ø  Ingin menggunakan/memiliki
Ø   Terjadilah salah guna media
Kelebihan & Kekurangan Media Massa
       Positif =
v  Dapat mempermudah manusia dalam segala hal. Seperti: mengerjakan tugas/pekerjaan lain.
v  Segalanya bisa dilakukan secara cepat & mudah Cth: internet, video call, dll.
v  Menciptakan solidaritas sosial.
v  Memberi informasi yg mendidik & berguna.
v  Mampu mendekatkan manusia terutama relasi & pemikiran.
Negatif =
v  Menggambarkan kesejahteraan yang diukur dengan materi.
v  Ada rekayasa bisnis dan politik dari pemilik modal, sponsor & penguasa. (MetroTV vs tvOne)
v  Waktu terbuang untuk media massa bahkan kecanduan menggunakannya.
v  Tayangan-tayangan seksual, kekerasan dan horor.
v  Komunikasi antar pribadi dalam keluarga menjadi berkurang.

Description: D:\materi\CLIP ART RELIGI\animasi lucu\5150510a974e041f09b245879f629f62_t.jpg

Membangun Sikap Kritis Dan Bertanggungjawab Terhadap Pengaruh Media Massa
v  Media membuka celah yang cukup luas untuk mengakses informasi.
v  Perlu menjauhkan diri dari sikap permisif (cuek) dengan cara bersikap kritis terhadap media (Dekrit Inter Mirifica art.9 & 10).
v  Kita harus kritis namun juga harus bertanggungjawab secara benar.
v  Kritis berarti mampu membedakan yg benar & tidak benar.
v  Yang tadi sudah kalian lihat dalam slide sebelumnya menunjukkan betapa penggunaan sosial media sudah diluar batas kewajaran.
v  Mungkin ada pro-kontra akan hal tersebut namun, semakin maju perkembangan teknologi media massa justru tidak diiringi dengan kedewasaan & sikap kritis dalam menggunakannya.
v  Masih banyak kasus-kasus lain yang berkaitan dengan penyalahgunaan media massa sehingga berujung pada hukuman pidana/sanksi sosial.
v  Media massa membuka seluas-luasnya berbagai macam informasi, baik/buruk. Fenomena penggunaan sosial media (facebook, twitter, dsb) membawa dampak tersendiri bagi penggunanya.
v  Bisa membawa dampak positif namun justru tidak sedikit juga yg membawa dampak negatif (penipuan, judi online, pornografi, dsb).
v  Ada 2 jenis penyalahgunaan internet, internal & eksternal =
v  Secara internal berarti, penyalahgunaan bersifat pribadi yg menggunakan komputer sendiri. Contohnya membuka situs pornografi.
v  Secara eksternal berarti, penyalahgunaan yg merugikan orang lain. Contohnya, peretas (hacker), memanipulasi gambar, dll.

Renungan untuk kita
v  Seorang pakar komunikasi pernah berkata, “Apa yg kita ungkapkan dalam media, sesungguhnya menggambarkan siapa kita; sikap kita, idealisme kita & tanggapan kita atas kenyataan serta problematik yg ada di sekitar kita termasuk kedalaman hidup rohani kita.
v  Pernyataan ini hendak mengingatkan kita, supaya kita berhati-hati & bersikap kritis terhadap media. Beberapa remaja senang sekali menulis status di FB, Path, Twitter bahkan ada yg dalam sehari menuliskan banyak hal. Apa yg ditulisnya?
v  “Gue udah ngantuk, mau bobo ah…” “Pulang sekolah hujan deras, enaknya ngapain nich..” “Jirr macet..” “Sendirian dirumah, bete rasanya..” dan banyak lagi lainnya.
v  Lalu apa untungnya menulis seperti itu, baik bagi diri sendiri maupun untuk orang lain? Sudah saatnya kita menggunakan media sebagai sarana membawakan kabar baik bagi siapapun yg melihat/membacanya. Mungkin baik bila menuliskan hal-hal yg dapat membantu orang lain berpikir & berefleksi misalnya, “hari ini mama ultah, terima kasih Tuhan atas penyertaan-Mu. Berkati kami anak-anaknya agar setia bersama mama. Love you mom..”
v  Bukankah hal tersebut akan sangat menginspirasi? Mungkin akan ada orang lain yg membaca lalu diingatkan tentang ulang tahun orang tuanya, begitu pula dengan hal lainnya. Nah, bagaimana dengan kamu?

Apa Itu Internet Sehat ?
          Internet Sehat merupakan program yang berangkat dari kepedulian komunitas TI terhadap citra Internet di mata masyarakat.
          Internet Sehat akan terus melakukan advokasi dan diskusi dengan masyarakat dan institusi-2.
          Internet Sehat akan bekerjasama dengan kalangan ISP, warnet, pendidikan, industri TI, dll.
Penekananannya pada:
1.       Hak Konsumen Untuk Mendapatkan informasi atau pilihan
2. Mempositifkan citra Internet di mata masyarakat
Hak Konsumen
          Hak mendapatkan informasi sudah sangat lumrah dilakukan di negara-negara lain. Misalnya Singapura (www.pagi.org.sg), Canada (www.connect.gc.ca/cyberwise), Amerika (www.getnetwise.org), dll.
          Hak mendapatkan pilihan pun sudah sangat jamak dilakukan di negara-negara lain. ISP-ISP di beberapa negara telah banyak yang menawarkan paket “keluarga”. Misalnya Cleanweb.net & FamilyClick.com.
Memberikan pilihan kepada konsumen tidak sama dengan memblok konten negatif
Langkah Internet Sehat
          Menggalang dukungan dan sukarelawan.
          Membuat semacam brosur informasi untuk dititipkan kepada ISP, agar dapat dibagikan kepada pelanggan.
          Membuat semacam poster kampanye untuk dipasang di warnet, berisi ajakan untuk mengakses konten positif.
          Membuat situs informasi tentang : konten positif, teknik filter di PC keluarga dan cara mengenalkan Internet kepada anak / keluarga.
          Mengkampanyekan Internet kepada masyarakat umum, terutama yang awam tentang Internet
Dengan memenuhi hak masyarakat untuk mendapatkan “informasi” dan “pilihan”, maka citra positif Internet terjaga, penetrasi Internet akan terpacu dan pemberdayaan masyarakat informasi akan terakselerasi.


Bisakah Filter Efektif ?
          Secara teknis, filter bisa dilakukan dari ISP ataupun dari rumah tangga.
          Filter di ISP tidak efektif.
          Filter rumah tangga akan efektif apabila ISP mau memenuhi hak konsumen.
          Perlu adanya motivasi untuk meningkatkan jumlah situs positif.
Filter di ISP Tidak Efektif
          Konten negatif (pornografi, obat-obatan terlarang, perjudian, kekerasan, dll) tidak hanya masuk dari web, tetapi juga dari mailing-list (e-mail), newsgroup, chatting, dll.
          Setiap hari situs negatif selalu bermunculan, sehingga akan tidak mungkin memfilter satu-per-satu
          Butuh biaya yang besar dan akan memperlambat akses Internet
Filter di Rumah Tangga
          Filter di rumah tangga bisa efektif apabila keluarga bisa mendapatkan informasi yang memadai.
          Informasi tersebut tentang :
          Situs-situs positif
          Teknik memblok konten negatif
          Cara Mengenalkan Internet pada anak dan keluarga
Menghindari Konten Negatif
Menggunakan browser khusus anak-anak
(www.garfieldisland.com)
Menggunakan software khusus filter
(www.we-blocker.com)
Set Default Halaman Pertama ke:
www.ajkids.com atau www.yahooligans.com

Sumber pustaka:
Donny B.U. (donnybu@ictwatch.com)
www.apjii.or.id